Senin, 27 April 2015

Baca Surat Al Kafirun Arab dan Terjemahnya + Tafsir Jalalain

Surat Al Kafirun terdiri atas 6 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al Maa'uun. Dinamai Al Kaafiruun (orang-orang kafir), diambil dari perkataan Al Kaafiruun yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Dibawah ini adalah terjemahan surat al kafirun lengkap menggunakan arab dan juga rumi. Anda juga dapat membaca surat yasin lengkap di blog ini dan juga surat lainnya.


surah al kafirun rumi dan latin dan juga terjemahan


Surat Al Kafirun

Surah Al kafirun dan  Terjemahan Indonesia

قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ ﴿١﴾
(1) Katakanlah: "Hai orang-orang yang kafir,
لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ ﴿٢﴾
(2) aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.
وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٣﴾
(3) Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah.
وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ ﴿٤﴾
(4) Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah.
وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٥﴾
(5) Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah.
لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ ﴿٦﴾
(6) Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku".


Tafsir Surat Al Kafirun (Jalalain)

قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ
(Katakanlah, "Hai orang-orang kafir!)
لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ
(Aku tidak akan menyembah) maksudnya sekarang aku tidak akan menyembah (apa yang kalian sembah) yakni berhala-berhala yang kalian sembah itu.
وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ
(Dan kalian bukan penyembah) dalam waktu sekarang (Tuhan yang aku sembah) yaitu Allah swt. semata.
وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ
(Dan aku tidak mau menyembah) di masa mendatang (apa yang kalian sembah.)
وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ
(Dan kalian tidak mau pula menyembah) di masa mendatang (Tuhan yang aku sembah) Allah swt. telah mengetahui melalui ilmu-Nya, bahwasanya mereka di masa mendatang pun tidak akan mau beriman. Disebutkannya lafal Maa dengan maksud Allah adalah hanya meninjau dari segi Muqabalahnya. Dengan kata lain, bahwa Maa yang pertama tidaklah sama dengan Maa yang kedua.
لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ
(Untuk kalianlah agama kalian) yaitu agama kemusyrikan (dan untukkulah agamaku") yakni agama Islam. Ayat ini diturunkan sebelum Nabi saw. diperintahkan untuk memerangi mereka. Ya Idhafah yang terdapat pada lafal ini tidak disebutkan oleh ahli qiraat sab'ah, baik dalam keadaan Waqaf atau pun Washal. Akan tetapi Imam Ya'qub menyebutkannya dalam kedua kondisi tersebut.

Surat Al Kafirun Youtube

Dengarkan dan tonton surat al kafirun dengan suara dari Syeikh Al-Afasy yang sangat merdu dibawah ini. Caranya tinggal klik tombol play yang ada didalam video tersebut.




Kandungan Surat AlKafirun
Pernyataan Tuhan yang disembah Nabi Muhammad s.a.w. dan pengikut-pengikutnya bukanlah apa yang disembah oleh orang-orang kafir, dan Nabi Muhammad s.a.w. tidak akan menyembah apa yang disembah oleh orang-orang kafir.

Penutup Surat Al Kafirun
Surat Al Kaafiruun mengisyaratkan tentang habisnya semua harapan orang-orang kafir dalam usaha mereka agar Nabi Muhammad s.a.w. meninggalkan da'wahnya.
Note: Kelebihan surat al kafirun (belum tersedia)

HUBUNGAN SURAT AL KAFIRUN DENGAN SURAT AN NASHR
Surat Al Kafirun menerangkan bahwa Rasulullah s.a.w. tidak akan mengikuti agama orang-orang kafir, sedang dalam surat An Nashr diterangkan bahwa agama yang dibawa Nabi Muhammad s.a.w. akan berkembang dan menang.

Sampai disini bacaan surah al kafirun indonesia, semoga ada manfaatnya khususnya untuk admin dan umumnya untuk para pembaca sekalian. Mohon maaf saat ini belum tersedia tafsir atau makna atau maksud dari surah al kafirun ini.
Posted by Farid Kamal Ansori
Surat Yasin Updated at: 13.29