Sabtu, 19 Maret 2016

Asbabun Nuzul Surat Yasin Ayat 77

Asbabun nuzul surat yasin ayat 77 - Didalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana asbabun nuzul atau sebab turunnya surat yasin ayat ke 77.
Baca Juga: Surat Yasin Lengkap ayat 1-83

Asbabun Nuzul Surat Yasin Ayat 77

أَوَلَمْ يَرَ الْإِنسَانُ أَنَّا خَلَقْنَاهُ مِن نُّطْفَةٍ فَإِذَا هُوَ خَصِيمٌ مُّبِينٌ

- Awalamm yarol insaanu annaa kholaqnaahu min nuthfatin fa idzaa huwa khosiimum mubiin
- Dan apakah manusiaa tidak memperhatikan bahwa Kami mnciptakannya dari setitik air (mani), maka tiba-tiba ia menjadi penantang yang nyata.

Sebab turunnya surat yasin ayat 77:
Imam al-Hakim meriwayatkan riwayat yang dinilainya shahih dari Ibnu Abbas yang berkata, "Suatu ketika, al-'Ash bin Wa'il datang kepada Rasulullah, sementara di tangannya tergenggam sepotong tulang yang sudah berumur lama. Ia lalu meremas tulang itu dihadapan Nabi hingga hancur lebur kemudian berkata (dengan sinis), "Wahai Muhammad, mungkinkah tulang yang sudah hancur lebur ini akan dibangkitkan kembali?!" Rasulullah lalu menjawab, "Ya. Allah akan menghidupkan tulang ini kembali, mematikanmu kemudian menghidupkanmu kembali. Selanjutnya memasukkanmu kedalam neraka jahannam." Tidak lama kemudian turunlah ayat ini hingga akhir surat (ayat 83).
Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Mujahid, Ikrimah, Urwah ibnuz-Zubair, Suddi, dan yang lainnya riwayat yang mirip dengan riwayat diatas. Akan tetapi, semua mereka menyatakan bahwa orang yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah Ubai bin Khalaf.

Sumber: Buku Sebab Turunnya Ayat Al-Quran Karya: Jalaluddin As-Suyuthi
Posted by Farid Kamal Ansori
Surat Yasin Updated at: 10.32